Pembekalan PPL Mahasiswa Jurusan PIAUD

  • 01 Agustus 2019
  • 03:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pelaksanaan pembekalan PPL jurusan PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) bersama jurusan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dilaksanakan bersama pada tanggal 16-17 Juli 2019 bertempat di pelataran gedung R Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembekalan PPL diikuti oleh 31 Mahasiswa PIAUD dan 68 Mahasiswa PGMI.

Acara tersebut berlangsung dari pukul 07.30 hingga 17.30, dibuka oleh Sekretaris PPL Bapak Dr. Muhammad Rusmin B, M.Pd.I., dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi oleh Bapak/Ibu Dosen. Kegiatan pembekalan PPL ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mhasiswa terkait hal hal yng harus dipersiapkan dalam melaksanakan PPL dimulai dari dasar hukum pelaksanaan PPL, pembelajaran aktif, memahami kurikulum, tatacara bertanya yang efektif dan pengelolaan lingkungan belajar.

Selain itu, mahasiswa diarahkan untuk melakukan simulasi pembelajaran dipandu oleh dua fasilitator dari PIAUD  dan dua fasilitator dari PGMI. Fasilitator PIAUD sendiri yaitu Dr. Hj. Dahlia Patiung, S.Ag., M.Pd., dan Eka Damayanti, S.Psi., M.A., dibantu panitia PPL PIAUD Ade Agusriani, S.Psi., M.Pd., mengelompokkan mahasiswa menjadi 6 kelompok kecil dan menugaskan tiap kelompok untuk membuat RKH, media pembelajaran dan lembar penilaian yang kemudian disimulasikan. Tiap kelompok bertugas untuk memberikan penilaian dan melakukan observasi. Kegiatan berlangsung dengan lancar, semua mahasiswa terlihat aktif dan semangat selama berlangsungny acara. Diakhir kegiatan, Panitia PPL diwakili oleh Bapak Seketraris PPL berpesan untuk menyiapkan diri sebaik baiknya sebelum pelaksanaan PPL dan mampu melaksanakan tugas dengan baik di sekolah yang telah ditentukan.

Author: Ade Agusriani

Editor: Annisa Tsuraya