Belajar dari Akhlak Rasulullah

  • 29 Oktober 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Maulid Nabi yang jatuh pada 12 Rabiúl Awal dalam penanggalan Hijriyah tahun ini bertepatan pada kamis, 29 Oktober 2020. Peringatan Maulid Nabi dirayakan dalam berbagai macam perayaan dan tradisi di berbagai Nusantara.

Momen peringatan Maulid Nabi menjadi suatu wujud ungkapan rasa syukur dan penghormatan umat muslim, khususnya kepada utusan Allah SWT.

Dihubungi Melalui Whatsapp, Ustadz M.Natsir, M.Pd yang merupakan salah satu staf di Prodi PIAUD  sekaligus aktif sebagai pendakwah menyatakan bahwa dimomen hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini, Umat islam hendaknya mengambil pelajaran untuk senantiasa mencontoh Akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah. Rasulullah memiliki akhlak yang agung terkenal dengan sifatnya yang selalu jujur, amanah, dermawan serta senantia menjalankan segala perintah dan menjauhkan diri dari larangan Allah.

Mengutip dalam (QS. Al-Ahzab: 21) 

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah"

Dengan begitu, peringatan Maulid tidak hanya ceremonial belaka tetapi juga dapat diaplikasikan dalam amalan ibadah yang lebih berkualitas terlebih di masa pandemic seperti sekarang ini, hendaknya mencontoh sifat dermawan baginda Rasulullah SAW serta tidak berlebih-lebihan dalam hal dunia karena ada hak-hak orang lain dalam setiap rezeki yang Allah anugerahkan kepada mereka yang mampu secara finansial.


Penulis: Ade Agusriani