“Satu Visi, Satu Aksi: PIAUD UIN Alauddin dan APPI Jalin Kerja Sama untuk Negeri”

  • 03 Mei 2025
  • 04:15 WITA
  • Administrator
  • Berita

Perkuat Kemitraan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar resmi menjalin kerja sama dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Webinar Nasional bertema “Popcorn Brain dan Strategi Mengatasinya: Membangun Ketahanan Kognitif di Era Digital” serta pelantikan pengurus APPI Wilayah Sulawesi Periode 2024–2025. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 3 Mei 2025, bertempat di Aula PPG UIN Alauddin Makassar.

Kerja sama yang dibangun mencakup bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Dekan FTK UIN Alauddin Makassar, melalui Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Muh. Rapi, M.Pd., menyampaikan apresiasinya atas terjalinnya kolaborasi strategis ini.
Kerja sama ini merupakan langkah awal untuk memperkuat kualitas pendidikan anak usia dini, khususnya dalam pengembangan kurikulum, penelitian, pelatihan dosen maupun mahasiswa, serta pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Program Studi PIAUD UIN Alauddin Makassar, Eka Damayanti, S.Psi., M.A., juga menyampaikan bahwa kolaborasi ini akan membuka banyak peluang peningkatan kapasitas baik di tingkat lokal maupun nasional. Ia berharap kemitraan ini dapat memperluas jaringan kerja dan memperkaya pengalaman akademik mahasiswa PIAUD.

Webinar nasional yang turut menjadi bagian dari rangkaian acara ini menghadirkan kolaborasi lintas universitas, antara lain UIN Alauddin Makassar, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Bosowa (UNIBOS), Universitas Atma Jaya, dan UKI Toraja. Antusiasme peserta sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi interaktif selama sesi berlangsung.

Melalui kegiatan ini, PIAUD FTK UIN Alauddin Makassar menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat jejaring kelembagaan demi mendorong kemajuan pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Penulis: Muh. Syihab Ikbal