Gowa, 8 Mei 2025 — Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Kampus Cibiru melaksanakan kegiatan benchmarking kurikulum ke Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
(FTK) UIN Alauddin Makassar, Kamis 8 Mei 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi pengalaman, memperkaya
wawasan kurikulum, dan memperkuat kerja sama antarperguruan tinggi dalam
pengembangan pendidikan anak usia dini.
Rombongan dari PGPAUD UPI Cibiru yang dipimpin oleh Ketua Program Studi PGPAUD, Mirawati, M.Pd., disambut hangat oleh sivitas pimpinan FTK UIN Alauddin Makassar
bersama Ketua Prodi PIAUD. Dalam sesi penyambutan tersebut, turut hadir Wakil
Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Muhammad Halifah
Mustamin, M.Pd.
Dalam sambutannya, pihak PGPAUD UPI Cibiru menyampaikan bahwa kedatangan mereka berkaitan dengan peneitian
pengembangan kurikulum PAUD yang dibiayai oleh BRIN. Terdapat beberapa
universitas yang telah didatangi di Indonesia, salah satunya di UIN Alauddin
Makassar.
Diskusi berlangsung produktif, mencakup dasar ideologis alasan kurikulum
PAUD harus diselaraskan dengan kebutuhan perkembangan teknologi. Kedua belah
pihak juga saling bertukar informasi terkait pengelolaan program studi,
strategi pengembangan dosen, dan penguatan kerja sama kelembagaan.
Ketua Prodi PIAUD FTK UIN Alauddin Makassar, Eka Damayanti,
S.Psi., M.A., beserta sekretaris prodi PIAUD, Dr. Fitriani Nur, M.Pd., mengapresiasi kegiatan benchmarking ini dan berharap kunjungan tersebut menjadi awal kerja sama jangka
panjang dalam bentuk kolaborasi penelitian, publikasi ilmiah, hingga pertukaran
dosen dan mahasiswa.
Melalui benchmarking ini, kedua institusi berharap dapat terus berinovasi
dalam mendidik calon pendidik anak usia dini yang unggul, berkarakter, dan
adaptif terhadap perkembangan zaman.
Kegiatan benchmarking ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama sebagai simbol silaturahmi dan komitmen bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Penulis: Muh. Syihab Ikbal