Pelantikan pengurus IKA (Ikatan Alumni) PIAUD FTK UINAM Periode 2023-2026 Dirangkai dengan Workshop APE

  • 06 Januari 2023
  • 01:11 WITA
  • Administrator
  • Berita

Bertempat di LT Timur Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2022.


IKA (Ikatan Alumni) Pendidikan Islam Anak Usia Dini melaksanakan Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Periode 2023-2026 yang dirangkaikan dengan Workshop Alat Permainan Edukatif dengan tema "Menciptakan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini yang Aman dan Kreatif". 


Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta terdiri dari Guru, Alumni dan Mahasiswa PIAUD dari angkatan 16 sampai angkatan 2022. Adapun Alumni yang telah menjadi guru di sekolah sekitar Makassar dan Gowa yaitu dari Tk Mawar, Tk Amrah, Tk Al-Abrar, TKIT Al-Muwahiddin, RA Madani Alauddin, TKIT Mutiara, PAUD Isam Cahaya Education dan NOBEL PGKG.


Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Dr. Hj. Ulfiani Rahman.,M.Si selaku Ketua Jurusan PIAUD mengucapkan

"Saya sangat bangga karena dibentuknya Pengurus IKA (Ikatan Alumni) PIAUD, harapan saya selalu Bersinergi dalam menjalin silaturahmi dengan jurusan sebagai Ikatan alumni untuk menjalani kerjasama dengan sekolah tempat alumni bekerja"


Dr. H. Ilyas Ismail, M.Pd., M.Si, selaku Wadek III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam sambutannya "Pengurus IKA (Ikatan Alumni) berperan untuk mengharumkan Almamater, untuk memberi informasi tentang kebutuhan tenaga pendidikan di TK/RA/PAUD, serta Alumni juga memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan jurusan " Ungkapnya, dan sekaligus membuka kegiatan.


Setelah pelantikan selesai dilanjutkan kegiatan Workshop APE yang dibawakan oleh Muhiddin, S.Pd., M.Pd. Kesimpulan Isi materi dari beliau yaitu "Alat Permainan Edukatif merupakan salah satu media yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di sekolah PAUD".


Pesan dari pemateri "Tetap memberikan ide-ide kreatif dalam menciptakan media APE", ungkapnya.


Adapun media APE yang dihasilkan dalam kegiatan Workshop APE yaitu Numerais, Box Geometri, Magic Box. Kemudian hasilnya disimpan di Pusat Tumbuh Kembang Anak yang dikelolah oleh jurusan PIAUD.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silatuhmi antara Mahasiswa, Dosen dan Alumni agar komunikasi tetap terjaga dan alumni dapat memberikan kontribusi atau manfaat baik secara fisik maupun psikis terhadap jurusan.



Penulis : Asri Damayanti Syahril