Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Eka Damayanti, S.Psi., M.A. terlibat dalam penyusunan draft Body of Knowledge (BOK), Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Sebagai langkah awal dalam penyusunan draft, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) Perkumpulan PIAUD yang dilaksanakan pada Rabu, 13 Desember 2023, pukul 14.00 WIB – selesai via Zoom Cloud Meetings.
Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd, Guru Besar Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menjadi pemantik menyampaikan bahwa “Deskripsi kontekstual kerangka kompetensi guru PAUD untuk Asia Tenggara dapat menjadi rujukan BOK PIAUD yang terdiri dari: Kompetensi pertama: pengetahuan konten, praktik pegagogis, dan penilaian, terdiri dari (1) Memahami perkembangan dan pembelajaran secara holistic; (2) memfasilitasi perkembangan dan pembelajaran anak. Kompetensi kedua: lingkungan pembelajaran, terdiri dari: (3) Membangun lingkungan yang mengasuh, inklusif, dan aman; (4) Mendorong Kesehatan, gizi, keamanan, dan perlindungan. Kompetensi ketiga: Keterlibatan dan Kolaborasi, terdiri dari: (5) Melibatkan orangtua, keluarga, dan pengasuh sebagai mitra PAUD; (6) Jejaring dan Kerjasama dengan pemangku kebijakan untuk promosi PAUD. Kompetensi keempat: Pengembangan Profesionalisme, terdiri dari: (7) Memastikan pengembangan diri dan pengembangan profesionalisme berkelanjutan.”
Jumlah prodi yang bergabung dalam Perkumpulan Prodi PIAUD sebanyak 146 kedepan harus melakukan perubahan untuk menghadapi persaingan global. Pemantik juga menyampaikan bahwa “Dengan adanya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, maka kedepan capaian pembelajaran PIAUD sudah harus diubah karena akan dilakukan penyederhanaan standar kompetensi lulusan”
Penulis : Nurwahdhani Mawahda Jumrah